A. Promosi Dalam Pemasaran
Promosi adalah suatu aktivitas
komunikasi yang dilakukan antar seseorang atau suatu unit usaha dan masyarakat
luas,dengan tujuan memperkenalkan suatu produk sekaligus mempengaruhi masyarakat
luas agar membeli dan menggunakan produk tersebut.
1. Pengertian promosi menurut para ahli, yaitu :
a. Menurut Swastha
Promosi adalah bentuk persuasi satu arah yang dibuat untuk
mempengaruhi orang lain dengan tujuan menciptakan pertukaran pemasaran.
b. Menurut Boone dan Kurtz
Promosi adalah proses menginformasikan,membujuk,
dan mempengaruhi suatu keputusan pembelian.
c. Menurut Tjiptono
Mengartikan promosi sebagai bentuk komunikasi pemasaran dalam
rangka menyebarkan informasi, mempengaruhi/membujuk, serta mengingatkan pasar
sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli, dan
loyal.
d. Menurut Kotler
Promosi adalah bagian dan proses strategi pemasaran dalam
rangka menyebarkan informasi.
e. Menurut Zimmerer
Promosi adalah segala macam bentuk komunikasi persuasi
yang dirancang untuk menginformasikan pelanggan mengenai produk dan untuk
mempengaruhi mereka agar membeli produk tersebut yang mencakup publisitas,
penjualan perorangan , dan periklanan.
2. Tujuan promosi
Tujuan
utama usaha melakukan promosi adalah meningkatkan angka dan keuntungan usaha.
a. Menyebar luaskan informasi mengenai suatu produk kepada masyarakat atau
calon konsumen potensial.
b. Menjangkau dan mendapatkan konsumen baru serta menjaga loyalitas mereka.
c. Membantu menginformasikan keunggulan dan pembeda produk yang dimiliki
dibandingkan dengan produk pesaing.
d. Menciptakan citra suatu produk dimata konsumen sesuai keinginan perusahaan.
e. Mempengaruhi pendapat dan perilaku
konsumen sesuai keinginan perusahaan.
3. Jenis-jenis promosi
Untuk mencapai tujuan dari promosi, sebuah usaha dapat
menggunakan cara dan jenis promosi yang berbeda-beda.
a. Promosi secara langsung
Promosi secara langsung merupakan cara mengenalkan produk
dengan bertemu calon konsumen secara langsung adalah suatu wilayah yang sudah
ditentukan.
b. Promosi melalui media offline
Promosi
jenis ini adalah cara untuk mengenalkan produk dengan menggunakan media
offline, seperti media cetak dan media elektronik.
c. Promosi melalui media online
Perkembangan
teknologi dan media informasi telah mengubah cara promosi di era digital
sehingga promosi melalui media online telah banyak digunakan para pengusaha.
Dikit banget
BalasHapus