Langsung ke konten utama

RPP SISTEM KOMPUTER



RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN


A.  Identitas Program Pendidikan
Nama Sekolah             :    SMKN 1 DUMAI
Mata Pelajaran           :    Sistem Komputer
Komp. Keahlian          :    TKJ
Kelas/Semester            :    X  / 1 (satu)
Tahun Pelajaran         :    ...................................
Alokasi Waktu            :    10 x 45 Menit

B.  Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
1.    Kompetensi Inti
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Komputer dan Informatika pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
Melaksanakan tugas spesifik, dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta menyelesaikan masalah sederhana sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Komputer dan Informatika
Menampilkan kinerja mandiri dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai dengan tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung.
2.    Kompetensi Dasar
3.1     Memahami sistem bilangan(Desimal, Biner, Heksadesimal)
4.1   Mengonversikan sistem bilangaan (Desimal, Biner, Heksadesimal)
3.  Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1                Memahami sistem bilangan(Desimal, Biner, Heksadesimal)
3.1.1    Menjelaskan  bilangan decimal, biner dan hexadesimal
3.1.2    Menghitung bilangan decimal, biner dan hexadesimal
     4.1  Mengonversi sistem biloangan (Desimal, Biner, Hexadesimal)
4.1.1     Mengklasifikasikan bilangan decimal, biner dan heksadesimal
4.1.2     Menulis Ulang bilangan decimal, biner dan heksadesimal



C.  Tujuan Pembelajaran
1.      Setelah kegiatan pembelajaran diharapkan peserta didik dapat memahami bilangan decimal, biner dan heksadesimal  dengan benar
2.      Setelah kegiatan pembelajaran diharapkan peserta didik dapat menulis ulang bilangan decimal, biner dan heksa decimal dengan tepat
3.      Setelah kegiatan pembelajaran diharapkan peserta didik dapat mengklasifikasikan bilangan decimal, biner dan heksadesimal  dengan benar
4.      setelah kegiatan pembelajaran diharapkan peserta didik dapat menulis ulang bilangan decimal, biner dan heksa decimal dengan tepat

D. Materi Pembelajaran
     Bilangan desimal, biner, hexadecimal

E. Pendekatan, Strategi, Metode
a.    Pendekatan berfikir      : Sientific
b.    Model Pembelajaran     : Discovery learning
c.    Metode Pembelajaran   : Observasi, diskusi dan tanya jawab.

F. Kegiatan Pembelajaran
     Pertemuan ke 1 - 5
No
Kegiatan
Langkah – langkah Pembelajaran
Waktu
1
Pendahuluan
1.        Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
2.        Melakukan pengkondisian peserta didik
3.        Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
4.        Menyampaikan teknik penilaian yang akan digunakan
5.        Menyampaikan metode pembelajaran yang akan digunakan
6.        Melakukan Pre test.
15 Menit
2
Kegiatan Inti
Pemberian Rangsangan

1.      Guru meminta peserta didik untuk memperhatikan materi yang ada di layar komputer tentang sistem bilangan(Desimal, Biner, Heksadesimal)
2.      Guru meminta peserta didik untuk membaca buku panduan yang lainnya agar dapat mudah dipahami
3.      Peserta didik dapat mengidentifikasi masalah dari materi yang disajikan oleh guru
Identifikasi Masalah
1.      Guru menugaskan peserta didik untuk dapat memecahkan masalah konversi bilangan decimal, biner dan heksa desimal
2.      Pesera didik menulis ulang konversi bilangan decimal, biner dan heksa decimal dengan membaca buku panduan yang lain.
3.      Setelah peserta didik membaca buku panduan yang lainnya peserta didik dapat merumuskan maslah / hipotesis tugas dari guru tentang masalah konversi bilangan decimal, biner dan heksa decimal
4.      Peserta didik mendiskusikan dengan kelompok yang lainnya tentang masalah konversi bilangan decimal, biner dan heksa decimal
5.      Peserta didik menyampaikan hasil diskusi di depan kelas, kelompok yang lainnya memberikan tanggapan
Pengumpulan Data
1.    Guru meminta peserta didik untuk mencari buku panduan atau informasi masalah konversi bilangan decimal, biner dan heksa decimal
2.    Peserta didik mencoba membuat atau mengerjakan atau menulis ulang bilangan decimal, biner dan heksa decimal sesuai dengan petunjuk dari guru sebagai pembuktian pengujian hipotesis
Pembuktian
1.      Guru meminta peserta didik untuk menilai hasil yang telah dibuat oleh peserta didik yang lainnya
2.      Peserta didik menilai berdasarkan format penilaian yang sudah ada
Menarik Simpulan
1.      Guru menjelaskan kepada peserta didik tentang bilangan decimal, biner dan heksa decimal
2.      Guru menugaskan peserta didik un tuk menyimpulakn dan menulis ulang materi bilangan decimal, biner dan heksa decimal
3.      Peserta didik mengerjakan tugas dari guru untuk menyimpulkan materi bilangan decimal, biner dan heksa decimal
4.      Peserta didik yang lain menanggapi kesimpulan dari peserta didik yang sedang maju untuk mempresentasikan hasilnya
5.      Peserta didik memperbaiki hasil presentasi berdasarkan tanggapan dari temannya
3
Penutup
1.      Secara bersama-sama peserta didik  diminta untuk menyimpulkan tentang bilangan decimal, biner dan heksa decimal
2.      Guru memberikan konfirmasi dan penguatan terhadap kesimpulan dari hasil pembelajaran.
3.      Guru memberikan evaluasi (post test) dan menyuruh peserta didik secara individu untuk mengerjakannya.
4.      Peserta didik diberi tugas untuk melakukan mengerjakan latihan bilangan decimal, biner dan heksa decimal
5.      Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan pada peserta didik untuk mempelajari materi berikutnya.
6.      Guru menyuruh salah satu peserta didik untuk memimpin doa penutup
15 Menit
D.  Alat/ bahan, Media Pembelajaran
Daftar hadir
Spidol
Papan waith board
Leptop
LCD
Lembar penilaian

E.  Sumber Belajar
Internet
Buku – buku penunjang KBM

F.   Penilainan Pembelajaran
a.    Teknik        : Non Test dan Test
b.    Bentuk        :
·      Penilaian pengetahuan   : Tes tertulis uraian
·      Penilaian keterampilan   : Demonstrasi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAB 2 "IDENTIFIKASI PELUANG USAHA DAN PERENCANAAN PRODUK KREATIF"

    1. PENGERTIAN PELUANG USAHA Peluang dalam bahasa inggris adalah opportunity              yang berarti kesempatan yang muncul dari sebuah kejadian atau momen. Jadi peluang           berasal dari     kesempatan yang muncul dan menjadi ilham (ide) bagi seseorang.   2. SUMBER PELUANG USAHA       ☀ Peluang dari diri sendiri, terbagi tiga yaitu           a) Hobi           b) Keahlian              c) Pengetahuan dan latar belakang pendidikan       ☀ Peluang dari lingkungan           a) Usaha atau bisnis orang tua            b) Lingkungan rumah, yaitu tetangga, teman sekolah, dan teman main            c) Saat anda berkunjung ke berbagai tempat        ☀ Peluang dari konsumen            a) Keluhan-keluhan dari konsumen            b) Saran-saran dari konsumen            c) Permintaan khusus konsumen dan calon konsumen            d) Angan-angan yang diimpikan konsumen tentang produk atau jasa tertentu             e) Harapa

BAB 4. Kebutuhan & Perencanaan Sumber Daya Usaha

A. HAKIKAT SUMBER DAYA USAHA     Sumber daya merupakan kebutuhan untuk menghasilkan produk atau jasa yang kemudian dapat diperjualbelikan oleh sebuah usaha. Menurut Zakky Fathoni s.p.,m.Sc sumber daya usaha adalah sumber daya yang diperlukan untuk mewujudkan peluang usaha. Empat kelompok sumber daya yang dibutuhkan dalam menjalankan usaha yaitu : 1). Sumber daya material 2). Sumber daya finansial 3). Sumber daya manusia 4). Sumber daya informasi                                                                                                                          Unsur manajemen menurut para ahli : 1). Menurut Harrington Emerson Phiffner Jhon dan Presthus Robert , yaitu man (manusia), money (uang), material (objek), machine (mesin) dan method (cara kerja). 2). Menurut Mooney James , yaitu man (manusia), facilities (fasilitas) dan method (cara kerja). 3). Menurut Peter Drucker yaitu posisi pasar, produktivitas, sumber daya fisik dan keuangan, profitabilitas, inovasi,

BAB 7. Media Promosi Pemasaran

A.  Promosi Dalam Pemasaran          Promosi adalah suatu aktivitas komunikasi yang dilakukan antar seseorang atau suatu unit usaha dan masyarakat luas,dengan tujuan memperkenalkan suatu produk sekaligus mempengaruhi masyarakat luas agar membeli dan menggunakan produk tersebut. 1.  Pengertian promosi menurut para ahli, yaitu : a.    Menurut Swastha         Promosi adalah bentuk persuasi satu arah yang dibuat untuk mempengaruhi orang lain dengan tujuan menciptakan pertukaran pemasaran. b.   M enurut Boone dan Kurtz         Promosi adalah proses menginformasikan,membujuk, dan mempengaruhi suatu keputusan pembelian. c.   Menurut  Tjiptono         Mengartikan promosi sebagai bentuk komunikasi pemasaran dalam rangka menyebarkan informasi, mempengaruhi/membujuk, serta mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli, dan loyal. d.    Menurut Kotler         Promosi adalah bagian dan proses strategi pemasaran d