RENCANA PELAKSANA
PEMBELAJARAN
A.
Identitas
Program Pendidikan
Nama Sekolah : SMKN 1
DUMAI
Mata Pelajaran : Sistem Komputer
Komp.
Keahlian : TKJ
Kelas/Semester : X / 1 (satu)
Tahun
Pelajaran : ...................................
Alokasi Waktu : 10 x 45 Menit
B.
Kompetensi
Inti dan Kompetensi Dasar
1. Kompetensi
Inti
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan
faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan
lingkup kerja Teknik Komputer dan Informatika pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks,
berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam
konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja,
warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
Melaksanakan tugas spesifik, dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta menyelesaikan masalah sederhana sesuai dengan
bidang dan lingkup kerja Teknik
Komputer dan Informatika
Menampilkan kinerja mandiri dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar
kompetensi kerja.
Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif,
kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan
tugas spesifik dibawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan
mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan gerak mahir, menjadikan gerak alami,
sampai dengan tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah
pengawasan langsung.
2. Kompetensi
Dasar
3.1 Memahami sistem
bilangan(Desimal, Biner, Heksadesimal)
4.1 Mengonversikan
sistem bilangaan (Desimal, Biner, Heksadesimal)
3. Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1 Memahami sistem
bilangan(Desimal, Biner, Heksadesimal)
3.1.1 Menjelaskan bilangan decimal, biner dan hexadesimal
3.1.2 Menghitung
bilangan decimal, biner dan hexadesimal
4.1 Mengonversi sistem
biloangan (Desimal, Biner, Hexadesimal)
4.1.1 Mengklasifikasikan bilangan decimal, biner
dan heksadesimal
4.1.2 Menulis Ulang bilangan decimal, biner dan
heksadesimal
C.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Setelah kegiatan pembelajaran
diharapkan peserta didik dapat memahami bilangan decimal, biner dan
heksadesimal dengan benar
2.
Setelah kegiatan
pembelajaran diharapkan peserta didik dapat menulis ulang bilangan decimal,
biner dan heksa decimal dengan tepat
3.
Setelah kegiatan pembelajaran
diharapkan peserta didik dapat mengklasifikasikan bilangan decimal, biner dan
heksadesimal dengan benar
4.
setelah kegiatan
pembelajaran diharapkan peserta didik dapat menulis ulang bilangan decimal,
biner dan heksa decimal dengan tepat
|
D. Materi Pembelajaran
Bilangan
desimal, biner, hexadecimal
E. Pendekatan,
Strategi, Metode
a. Pendekatan
berfikir :
Sientific
b. Model Pembelajaran : Discovery learning
c. Metode Pembelajaran : Observasi, diskusi dan tanya jawab.
F. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan ke 1 - 5
No
|
Kegiatan
|
Langkah
– langkah Pembelajaran
|
Waktu
|
1
|
Pendahuluan
|
1.
Melakukan pembukaan
dengan salam pembuka dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
2.
Melakukan
pengkondisian peserta didik
3.
Menyampaikan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai.
4.
Menyampaikan teknik
penilaian yang akan digunakan
5.
Menyampaikan metode
pembelajaran yang akan digunakan
6.
Melakukan Pre test.
|
15 Menit
|
2
|
Kegiatan Inti
|
Pemberian Rangsangan
|
|
1.
Guru meminta peserta
didik untuk memperhatikan materi yang ada di layar komputer tentang sistem
bilangan(Desimal, Biner, Heksadesimal)
2.
Guru meminta peserta
didik untuk membaca buku panduan yang lainnya agar dapat mudah dipahami
3.
Peserta
didik dapat mengidentifikasi masalah dari materi yang disajikan oleh guru
|
|||
Identifikasi Masalah
|
|||
1.
Guru menugaskan
peserta didik untuk dapat memecahkan masalah konversi bilangan decimal, biner
dan heksa desimal
2.
Pesera didik menulis
ulang konversi bilangan decimal, biner dan heksa decimal dengan membaca buku
panduan yang lain.
3.
Setelah peserta didik
membaca buku panduan yang lainnya peserta didik dapat merumuskan maslah /
hipotesis tugas dari guru tentang masalah konversi bilangan decimal, biner
dan heksa decimal
4.
Peserta didik
mendiskusikan dengan kelompok yang lainnya tentang masalah konversi bilangan
decimal, biner dan heksa decimal
5.
Peserta didik
menyampaikan hasil diskusi di depan kelas, kelompok yang lainnya memberikan
tanggapan
|
|||
Pengumpulan Data
|
|||
1. Guru
meminta peserta didik untuk mencari buku panduan atau informasi masalah
konversi bilangan decimal, biner dan heksa decimal
2. Peserta
didik mencoba membuat atau mengerjakan atau menulis ulang bilangan decimal,
biner dan heksa decimal sesuai dengan petunjuk dari guru sebagai pembuktian
pengujian hipotesis
|
|||
Pembuktian
|
|||
1. Guru
meminta peserta didik untuk menilai hasil yang telah dibuat oleh peserta
didik yang lainnya
2. Peserta
didik menilai berdasarkan format penilaian yang sudah ada
|
|||
Menarik Simpulan
|
|||
1.
Guru menjelaskan
kepada peserta didik tentang bilangan decimal, biner dan heksa decimal
2.
Guru menugaskan
peserta didik un tuk menyimpulakn dan menulis ulang materi bilangan decimal,
biner dan heksa decimal
3.
Peserta didik
mengerjakan tugas dari guru untuk menyimpulkan materi bilangan decimal, biner
dan heksa decimal
4.
Peserta didik yang
lain menanggapi kesimpulan dari peserta didik yang sedang maju untuk
mempresentasikan hasilnya
5.
Peserta didik
memperbaiki hasil presentasi berdasarkan tanggapan dari temannya
|
|||
3
|
Penutup
|
1.
Secara bersama-sama peserta didik diminta untuk menyimpulkan tentang bilangan decimal, biner dan
heksa decimal
2.
Guru memberikan
konfirmasi dan penguatan terhadap kesimpulan dari hasil pembelajaran.
3.
Guru memberikan
evaluasi (post test) dan menyuruh peserta didik secara individu untuk
mengerjakannya.
4.
Peserta didik diberi
tugas untuk melakukan mengerjakan latihan bilangan decimal, biner dan heksa decimal
5.
Guru mengakhiri
kegiatan belajar dengan memberikan pesan pada peserta didik untuk mempelajari
materi berikutnya.
6.
Guru menyuruh salah
satu peserta didik untuk memimpin doa penutup
|
15 Menit
|
D.
Alat/
bahan, Media Pembelajaran
Daftar hadir
Spidol
Papan waith board
Leptop
LCD
Lembar penilaian
E.
Sumber
Belajar
Internet
Buku – buku penunjang KBM
F.
Penilainan
Pembelajaran
a. Teknik : Non Test dan Test
b. Bentuk :
· Penilaian
pengetahuan : Tes tertulis uraian
· Penilaian
keterampilan : Demonstrasi
Komentar
Posting Komentar